Kabupaten Kotawaringin Barat


Kabupaten Kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkalan Bun. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 10.759 km² dan berpenduduk sebanyak 189.407 jiwa pada tahun 2004. Semboyan /motto kabupaten ini adalah Marunting Batu Aji. Terdiri enam kecamatan, 13 Kelurahan dan 72 Desa.

Kecamatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat terdiri dari :

Profil daerah

Kotawaringin Barat berasal dari Kata Kutawaringin dan "Barat". Kuta berarti Gapura, Waringin berarti Pohon Beringin yang bermakna Pengayoman, sedangkan Barat berasal dari pembagian tempat. Secara keseluruhan Kotawaringin Barat berarti “Gapura Pengayoman di Sebelah Barat”.

Pada tanggal 3 Oktober 1959 secara resmi ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari jadi Kabupaten Kotawaringin Barat dan sekarang Tahun 2009 telah berusia yang ke-50 tahun.


Busana Adat Kotawarigin Barat yang dipengaruhi Busana pengantin Banjar Baamar Galung Pancar Matahari.

Kota sekaligus tempat tinggalku ini, juga mempunyai Objek Wisata yang bannyak di kunjungi para wisatawan dari berbagai daerah bahkan dari manca negara, karna objek wisata yang dimiliki kota Manis ini sudah tidak asing lagi di "Mata Dunia" negara-negara yang sering berkunjung ke kotaku ini yaitu seperti : Kanada, Australia, Inggris, Italia, Jerman pokoknya banyak decccc ...:D !! objek wisata yang di kunjungi diantaranya :

  • Taman Nasional Tanjung Puting
  • Kawasan Wisata Bugamraya
  • Istana Kuning Kesultanan Kutaringin di Pangkalan Bun
  • Astana Alnursari di Kotawaringin Lama
  • Masjid Kyai Gede di Kotawaringin Lama
  • Monumen Palagan Sambi
naahhhhh . . . bagaimana menurut anda cukup menarik bukan . .!! untuk objek wisatanya . . .
itulah sekilas tentang kota tempat tinggalku sekarang ( Kotawaringin Barat ). semoga bagi anda yang sudah maupun belum membaca Artikel ini, sudi untuk mampir ke Kota Manis ini ... ass.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © .